Hamas Menolak Bebaskan Tentara Israel Gilad Shalit

Damaskus, (tvOne)

Pemimpin Hamas di pengasingan Khaled Meshaal Senin mengulangi penolakan kelompok Islam Palestina itu untuk membebaskan prajurit Israel Gilad Shalit, yang ditangkap empat tahun lalu, dan mengancam untuk menangkap tentara Israel lagi.

“Gilad Shalit tidak akan sendiri. Kami akan terus menangkap prajurit dan perwira musuh hingga mereka membebaskan semua tawanan kami. Ini pesan saya,” tegas Meshaal dalam pidato di Damaskus, tempat ia tinggal.

Ia berbicara satu hari setelah ribuan warga Israel memulai 12 hari unjuk rasa untuk mendukung Shalit dalam upaya untuk mengadakan tekanan terhadap PM Israel Benjamin Netanyahu untuk mencapai perjanjian pertukaran tawanan dengan Hamas, yang menahan prajurit Israel itu di sebuah tempat rahasia sejak 25 Juni 2006.

“Israel hanya mengerti bahasa kekerasan. Saudara-saudara kami … akan berhasil mengulangi pengalaman melakukan penangkapan serdadu Zionis,” ujar Meshaal.

Pemimpin politik Hamas itu menuduh “para pemimpin Israel telah merintangi pertukaran tawanan dan kembali ke proposalnya di bawah tekanan dari pemerintah AS”.

“Kami telah memberitahu perantara bahwa kami ingin memulai lagi pembicaraan tidak langsung (untuk pertukaran tawanan), tapi kami tidak akan melepaskan klaim kami.”

“Shalit tidak akan dibebaskan hingga Benjamin Netanyahu setuju untuk menanggapi benar-benar tuntutan kami,” Meshaal menambahkan.

Hamas, yang memerintah Jalur Gaza sejak 2007, menginginkan ratusan tawanan Palestina dibebaskan sebagai pertukaran bagi Shalit, termasuk sejumlah gerilyawan penting yang bertanggungjawab atas serangan-serangan mematikan. Sekitar 8.000 warga Palestina sekarang ini dipenjarakan di Israel.

Pembicaraan bagi pertukaran tawanan yang diadakan melalui penengah Mesir dan Jerman macet akhir tahun lalu ketika Israel membuat tawaran yang mana Hamas belum menanggapinya secara resmi.

Pada Ahad, surat kabar-surat kabar Israel mengungkapkan perincian baru usulan yang mereka katakan telah dibocorkan oleh pemerintah, termasuk keinginannya untuk membebaskan gerilyawan-gerilyawan yang terlibat dalam serangan-serangan yang menewaskan 600 warga Israel. PHOTO KORBAN KEKEJAMAN ISRAEL GALERY PHOTO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: