Dokumen Rahasia Tegaskan Israel Miliki Bom Nuklir

ondon – Infopalestina: Harian Guardian Inggris edisi kemarin Senin (24/5) mengungkap sebagian dokumen yang dianggap rahasia dari Afrika Selatan. Menurut harian itu, dokumen itu sebagai ukti resmi kepemilikan Israel terhadap senjata nuklir.

Badan Radio Inggris menyebutkan bahwa dokumen rahasia itu dikeluarkan atas permintaan akamisi Amerika Sasha Paulaco Suransky yang sedang menulis sebuah buku tentang hubungan antara Israel dengan rezim rasis yang akan beredar pada pecan ini. Dokumen itu mengisyaratkan bahwa pada 31 Maret 1975 terjadi pertemuan antara Menhan Afrika Selatan saat iu Bet Bota dan Menhan Israel Simon Perez. Israel pada saat itu manawarkan secara resmi kepada rezim rasis Afrika Selatan agar mau dibekali dengan rudal Jericho yang bisa membawa hulu ledak nuklir. Kemudian kedua pihak menandatangani kesepakatan memperkuat hubungan militer termasuk dokumen rahasia itu.

Koresponden Guardian di Washington Coris Mirkel bahwa pemerintah Israel berusaha meyakinkan kepada Afrika Selatan agar merahasiakan dokumen itu yang diangjkap akan mencipyakan dilematis di masa depan. Apalagi terbitnya buku “hubungan Israel dan Afrika Selatan” akan bersamaan dengan pembicaraan di New York untuk membahas jalan keluar menyebarnya senjata nuklir.

Berdasarkan harian Guardian, sikap Israel akan semakin dilematis sebab dokumen rahasia itu akan menghancurkan upaya Israel yang ingin menutupi bahwa dirinya memiliki senjata nuklir dan Israel sebagai negara bertanggungjawab. (bn-bsyr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: