Bakorpakem Nyatakan Aliran Santriloka Sesat

ee89f823a701bfac608d514a394bb178

MOJOKERTO – Aliran Ilmu Kalam Santriloka pimpinan Mbah Aan terus menjadi bidikan. Setelah fatwa sesat yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Mojokerto, Jawa Timur, aliran ini siap dibubarkan.

Keputusan untuk membubarkan aliran Santriloka ini muncul setelah Badan Koordinasi pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem) Kota Mojokerto menggelar pertemuan, Senin (02/11/2009).

Hasilnya, semua anggota Bakorpakem yang terdiri dari Kejaksaan Negeri (Kejari), pemerintah daerah dan MUI itu menyatakan bahwa aliran Santriloka adalah sesat dan layak untuk dibubarkan. Hadir dalam pertemuan itu juga, Departemen Agama (Depag) Kota Mojokerto dan Dinas Pendidikan (Dindik).

Wakil Wali Kota Mojokerto, Masud Yunus menegaskan, pihaknya menggelar pertemuan dengan beberapa pihak. Selain polisi, Kejari, MUI dan beberapa tokoh agama. Dalam pertemuan itu kata dia, semua menilai bahwa aliran Santriloka telah menyimpang dari ajaran agama Islam.

“Hasil pertemuan juga telah menghasilkan langkah yang akan ditempuh. Semua sepakat demikian. Hanya kapan pembubaran itu, kami masih mengkaji,” terang Masud Yunus.

Wakil Wali Kota Mojokerto yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Komite Intelijen Daerah (Kominda) ini mengungkapkan, semua yang terlibat dalam pertemuan kemarin memiliki tugas masing-masing.

Salah satunya untuk mendalami penyebaran penganut Santriloka. Hal ini kata dia, karena hal ini menyangkut mekanisme pembubaran aliran yang tak mewajibkan penganutnya melaksanakan salat lima waktu itu. “Apalah penganutnya hanya di Kota Mojokerto saja, atau di daerah lain juga ada,” tukasnya.

Jika saja, kata Masud Yunus, penganut aliran ini hanya tersebar di wilayah Kota Mojokerto, pihaknya akan mudah membubarkan aliran sesat tersebut. Dia mengaku, pihaknya akan menunggu hasil kerja dari tim yang sudah dibentuk untuk lebih mendalami tentang aliran itu.

“Kalau penganutnya hanya di Kota Mojokerto, kami bersama-sama di sini bisa segera bertindak. Tapi jika sampai luar daerah, maka kita akan koordinasikan dulu dengan pihak-pihak yang berkompeten,” tukasnya. (Tritus Julan/Koran SI/ful)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: