Rusuh Antar Etnis, Pemerintah Larang Shalat Jumat di Urumqi

urumqi
URUMQI | SURYA Online – Masjid-masjid di kota Urumqi, China, dilarang melaksanakan shalat Jumat, sementara polisi dikerahkan untuk mencegah kemungkinan meletusnya aksi kerusuhan baru antaretnis yang mematikan, Jumat (10/7).

Sejumlah Muslim Uighur mengatakan, mereka telah diperintahkan untuk melaksanakan shalat di rumah saja, pada saat pasukan bersenjata dikerahkan di jalan-jalan di ibukota wilayah barat laut Xinjiang, lima hari setelah terjadi bentrokan yang menurut pemerintah menewaskan 156 orang.

“Pemerintah mengatakan tidak ada pelaksanaan shalat Jumat,” kata seorang pria Uighur, Tursun, di luar Mesjid Hantagri, salah satu bangunan tertua di ibukota, pada saat sekitar 100 polisi membawa senjata mesin dan tongkat berdiri di dekatnya.

“Tidak ada yang bisa kami lakukan, pemerintah takut bahwa masyarakat akan menggunakan pelaksanaan acara keagamaan itu untuk mendukung tiga kekuatan,” katanya.

‘Tiga kekuatan’ itu adalah sebutan pemerintah China terhadap ekstrimisme, separatisme dan terorisme. Kekuatan tersebut dikatakan berusaha memecah wilayah Xinjiang dari sebagai bagian China.

Xinjiang berpenduduk delapan juta suku Uighur yang lama mengaku mendapat tekanan dalam pelaksanaan keagamaan, politik dan ekonomi oleh penguasa China. Kelompok ini menumpahkan kemarahannya Ahad dalam aksi-aksi protes yang cepat menjadi aksi kekerasan.

Pemerintah China mengatakan, 156 orang tewas dan lebih dari 1.000 orang lainnya cedera, pada saat kaum Muslim Uighur diserang kelompok etnis Han yang dominan.

Namun orang-orang Uighur di pengasingan mengatakan, pasukan keamanan bersikap berlebihan terhadap aksi-aksi yang dilakukan secara damai itu.

Mereka mengatakan, lebih dari 800 orang diduga tewas dalam aksi kerusuhan itu, termasuk petugas keamanan.

Aksi kerusuhan terus berlanjut pada awal pekan ini, pada saat ribuan orang Han tumpah di jalan-jalan bersenjatakan pisau, galah, serta senjata buatan lainnya dan berikrar untuk melakukan balasan terhadap suku Uighur. ant

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: