Perwakilan Ormas Islam Tuntut China Stop Kekerasan di Xinjiang

demo-china
JAKARTA | SURYA.CO.ID — Sekitar 70 orang yang tergabung dalam ormas Islam, seperti Forum Umat Islam (FUI), Jama’ah Muslimin (Hizbullah), Front Pembela Islam (FPI), dan Medical Emergency Committee (MERC), melakukan unjuk rasa di depan Kedubes Republik Rakyat China (RRC), Jakarta, Senin (13/7). Mereka menyerukan kepada Pemerintah Indonesia agar melakukan desakan diplomatik kepada pemerintah China untuk menghentikan kekerasan terhadap kaum muslim di Xinjiang dan meminta audiensi dengan pihak Kedubes RRC di Indonesia.

Mereka berkumpul di depan Kedubes RRC di Jalan Rasuna Said Jakarta dan melakukan orasi. Masing-masing pengunjuk rasa berpakaian seperti pasukan jihad, dengan ikat kepala dan syal bergaris sambil berseru mengecam tindakan pemerintah China dengan membawa spanduk. Orasi juga dilakukan pengunjuk rasa dengan pengeras suara yang dibawa menggunakan sebuah mobil bak terbuka.

Setelah perdebatan yang cukup alot, akhirnya pihak dari Kedubes RRC mengizinkan dua perwakilan dari massa untuk berdialog yaitu, KH Muhammad Al Khaththath, Sekjen FUI, dan Yose Rizal, dari MERC.

Salah seorang anggota dari Hizbullah, Edi Wahyudi, mengungkapkan bahwa aksi ini merupakan wujud simpati dan protes mereka terhadap etnis muslim Uighur. “Melihat keadaan para muslimin. Kami sebagai muslimin yang berasudar merasa terzolimi. Ini merupakan wujud sikap protes terhadap kezoliman yang terjadi pada orang Islam,” katanya.

Aksi unjuk rasa ini dikawal sekitar 55 personel polisi sehingga tetap berjalan tertib dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Sementara perwakilannya melakukan audiensi, para pengunjuk rasa menunggu di luar gedung Kedutaan Besar RRC. Sampai berita ini diturunkan unjuk rasa masih berlangsung. kompas.com/m5-09

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: