“Hentikan Protes, Kami Tidak Akan Tunduk”

By Elin Yunita Kristanti, Harriska Farida Adiati Viva News – Sabtu, Juni 20VIVAnews –agogweqt4

Pemimpin spiritual Iran, Ayatullah Ali Khamenei menyerukan agar krisis politik dan keamanan pasca pemilihan presiden Iran segera diakhiri. Khomaeni juga menyatakan dukungannya atas pemilu yang memenangkan Mahmoud Ahmadinejad dan memperingatkan pemimpin oposisi, mereka bertanggungjawab jika terjadi pertumpahan darah dan kekacauan.

ADVERTISEMENT

“Mereka akan dimintai pertanggungjawaban jika terjadi kekerasan, pertumpahan darah, dan kekacauan,” kata Khamenei di hadapan jamaah Salat Jumat di Universitas Teheran, Jumat 19 Juni 2009. Dalam pidatonya Khamenei juga mengecam tindakan aparat keamanan, yang menurutnya telah bertindak di luar batas dengan melakukan penyerangan kepada para mahasiswa.

Pemerintah Iran, kata Khomaeni bergeming dari protes. “Aksi jalanan dilakukan untuk menekan pemimpin, tetapi kami tidak akan tunduk di hadapan mereka,” kata Khamanei.

Dia mengatakan, semua keraguan terkait pemilihan kembali Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden dalam pemilihan 12 Juni lalu akan diselidiki melalui jalur hukum. Jika pendukung atau kandidat yang kalah tidak bisa menghentikan protes, Khamanei mengatakan, mereka harus bertanggung jawab atas semua konsekuensi, dan konsekuensi dari segala bentuk kekacauan.

Pidato yang dilakukan Khamanei kemarin jarang terjadi karena biasanya Khamanei hanya berbicara di depan publik di akhir bulan Ramadan dan perayaan revolusi Iran.

Iran berada dalam konflik setelah calon incumbent Mahmoud Ahmadinejad dinyatakan memenangi pemilihan dengan mengantongi 62,63 persen suara. Lawan-lawannya menuding ada kecurangan dalam proses penghitungan suara dan menyebabkan gelombang demonstrasi terbesar sejak Revolusi Iran.

Puluhan ribu orang pro pemerintah maupun oposisi turun ke jalan pasca hasil pemilu Iran diumumkan. Aksi demonstrasi itu berubah menjadi rusuh dan makan korban, stasiun radio Iran mengabarkan, tujuh orang tewas dalam demonstrasi di Teheran, Iran, Senin 15 Juni 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: